Kota Batik Pekalongan
Daily Life

Kota Batik Pekalongan – Kunjungan Singkat yang Dirindukan

Kota Batik Pekalongan. Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia. Kita patut berbangga sebagai warga Indonesia karena hal tersebut telah diakui lembaga dunia, UNESCO. Nah, kali ini saya ingin berbagi cerita short escape di kota batik Pekalongan. Kunjungan singkat, tapi mudah dirindukan. Ini bukan artikel tentang sejarah batik ya, tapi tetep ada batik-batiknya.

Pilihan Hotel

Ada banyak pilihan hotel di Pekalongan loh, jangan salah. Pilihan saya jatuh pada Namira Syariah. Kenapa? Saya penasaran dengan konsep syariah yang ditawarkan, ditambah lagi harganya cukup ekonomis. Selain itu, letak hotel ini cukup strategis. Lumayan deket sama Stasiun Pekalongan, bukan yang paling deket sih, tapi bolehlah. Kalau mau opsi yang paling deket stasiun, kamu bisa pilih Hotel Santika, tinggal ngesot dari pintu stasiun.

Kota Batik Pekalongan
Alat shalat cuy

Ada beberapa hal unik yang saya temukan di hotel ini. Pertama, semua resepsionisnya laki-laki. Kedua, kamar sudah dipersiapkan sesuai dengan jumlah orang yang menginap dan jenis kelaminnya. Contohnya, saya dapat sarung dan sajadah untuk shalat. Kalau yang menginap perempuan akan disediakan mukena dan sajadah. Terakhir, 10 saluran televisi pertama di hotel ini berisi konten-konten islami. Ada kajian fiqih, ada ceramah masjidil haram, dan lain-lain.

Nice experience 😇.

Mencoba Makanan Khas

Jangan tinggalkan Pekalongan tanpa menyantap Tauto. Rasanya itulah yang bisa dijadikan tagline ketika berkunjung ke Pekalongan. Selain terkenal dengan batiknya, Pekalongan juga memiliki sajian khas yaitu sego megono dan tentu saja Soto Tauto.

Sekilas ga ada perbedaan ya antara soto ini dengan soto-soto pada umumnya. Perbedaannya baru akan kamu rasakan ketika mencicipinya. Tauto ini adalah hasil fermentasi kedelai khas China. Proses pembuatannya kira-kira butuh 1 hari 1 malam, wah lama yaah. Tauto memiliki cita rasa yang unik. Kombinasi gurih dan asemnya unik. Mungkin bukan selera semua orang, tapi sayang kalau ga coba.

Belanja di Kota Batik Pekalongan

Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi kalau mau berburu batik di Pekalongan. Salah satu landmark kota Pekalongan, International Batik Centre (IBC). Pilihannya cukup banyak, tapi sepertinya bukan yang termurah. Maklum landmark. Waktu itu, mampir ke sini cuma buat cari daster untuk Ibu di rumah. Ada rekomendasi tempat hunting batik di Pekalongan ga? Komen dong.

[Bonus] Jalan-Jalan Sehat

Terakhir, ada bonus waktu short escape ke Pekalongan. Jalan-jalan sehat berburu hadiah di salah satu alun-alun di kabupaten, udah bukan kotanya ya. Oke, sekian dulu yaa, sampai jumpa di liburan yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + 20 =

Pin It on Pinterest

Sharing is Awesome!

Like the Post? Share it with your friend or family (☞゚ヮ゚)☞ ☜(゚ヮ゚☜)