Ikigai
Worthy

IKIGAI – Rahasia Menjalani Hidup yang Lebih Bermakna

Ikigai berasal dari kata “iki” yang berarti kehidupan dan “gai” yang nilai. Dari sini, Ikigai dapat diartikan sebagai nilai yang membuat kehidupan lebih bermakna. Sederhananya, Ikigai adalah alasan untuk selalu semangat bangun tiap pagi dan menjalani hari. Bentar – bentar, semua ini jangan dibiaskan dengan konsep Ketuhanan, hidup itu untuk beribadah, yaa. Rohani dan duniawi harus seimbang kan, nah yang ini soal duniawi.

Pernah ga merasa malas bangun pagi karena udah tahu rutinitas monotone yang akan dijalani hari ini? You are not alone! Inilah tanda kalau kamu perlu segera menemukan Ikigai sehingga bisa selalu menjawab, “kenapa saya bangun pagi ini?”. Biar lebih yakin, mari kita berkunjung ke negeri asal konsep ini, Jepang. Penduduk Jepang bisa dibilang harus menghadapi tekanan hidup yang tinggi setiap hari nya. Pagi hari mereka dihadapkan dengan kondisi berdesak – desakkan saat berangkat kerja. Tak berhenti sampai di situ, sampai di kantor mereka ditekan dengan kedisiplinan yang tinggi dan haus dedikasi, serta sistem hirarkis yang kuat. Dengan konsep inilah lah mereka bisa bertahan dan menikmati kehidupannya.

Ikigai diagram

Terlihat rumit yaa? Engga kok sebenernya, tapi emang butuh extra miles buat mencapainya. Sebagai awal coba jawab 4 pertanyaan ini ya.

  1. What do I love ?
  2. What am I good at ?
  3. What can I be paid for now or something that could transform into my future hustle ?
  4. What does the world need ?

Passion aja ga cukup, profesi yang menjanjikan banyak penghasilan aja juga ga cukup, melakukan hal – hal yang kamu jago dan ga mau keluar dari zona nyaman juga ga cukup, apalagi malah pengen selalu mengikuti demand trend dunia. Pekerjaan yang banyak menghasilkan banyak uang tapi bikin kamu ga nyaman bikin hidup “kosong”, sebaliknya pekerjaan yang membuat kamu bahagia tapi ga memberi penghasilan yang baik membuat hidup kamu susah. Misi kita adalah menemukan irisannya, that’s Ikigai.

Pengen nemu Ikigai kamu? Kata kunci utamanya cuma 1, curiosity. Rasa ingin tahu adalah dasar kuat untuk selalu mencari dan ga ragu keluar dari zona nyaman.

“Don’t think about why you question, simply don’t stop questioning. Don’t worry about what you can’t answer, and don’t try to explain what you can’t know. Curiosity is its own reason. Aren’t you in awe when you contemplate the mysteries of eternity, of life, of the marvelous structure behind reality? And this is the miracle of the human mind — to use its constructions, concepts, and formulas as tools to explain what man sees, feels and touches. Try to comprehend a little more each day. Have holy curiosity.” ~ Albert Einstein

Sebagai tambahan, ada pesan nih dari Hector Gracia dan Francesc Miralles yang menulis buku “Ikigai The Japanese Secret to a Long and Happy Life”.

  • Selalu aktif dan jangan menyerah
  • Tinggalkan urgensi dan adopsi langkah kehidupan yang lebih lambat
  • Hanya makan sampai kamu merasa 80 persen kenyang
  • Dekatkan diri dengan teman – teman yang baik
  • Get in shape, yuk olahraga teratur
  • Bersikap ramah pada semua orang
  • Dekatkan diri dengan alam
  • Selalu syukuri hal – hal kecil yang membuat kamu bahagia hari ini
  • Hidup saat ini, jangan lupa menikmatinya
  • Follow your Ikigai

Selamat mencari, stay hungry stay foolish.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 5 =

Pin It on Pinterest

Sharing is Awesome!

Like the Post? Share it with your friend or family (☞゚ヮ゚)☞ ☜(゚ヮ゚☜)