aplikasi money lover
Worthy

Aplikasi Money Lover untuk Mencatat Pengeluaran

Masih tentang finansial, lagi semangat nulisnya. Apapun perencanaan finansial yang kamu pilih untuk kondisi kamu, tahapan pertama untuk mencapai merdeka finansial adalah mencatat cashflow kamu. Oleh karena itu, tulisan ini ingin mengupas salah satu tool yang bisa digunakan untuk melakukan hal tersebut, aplikasi Money Lover. Oiya, tulisan ini adalah ulasan aplikasi pertama di blog ini, nantikan ulasan – ulasan lainnya yaah. Boleh kok request di kolom komentar.

Hal – Hal Penting

Ada beberapa hal-hal yang perlu diketahui dari aplikasi Money Lover agar bisa digunakan secara efektif. Pertama, pengguna harus membuat wallet. Wallet ini sesuai dengan pos – pos uang yang kamu miliki di dunia nyata. Ada uang cash, ada uang di rekening BCA, ada gopay, dan lain-lain. Setiap wallet akan memiliki kategori mutasi masing-masing dan bisa diubah – ubah.

aplikasi money lover tipe wallet

Money Lover memiliki tipe wallet yang bermacam – macam. Tapi berdasarkan pengalaman sih cuma 2 tipe yang kepake, Basic Wallet dan Goal Wallet. Apasih bedanya?

Basic wallet adalah wallet yang memiliki fungsionalitas dasar untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran, sedangkan goal wallet digunakan untuk mengatur tabungan. Misal nih, kamu pengen beli hape baru seharga 10 juta tahun depan, 12 bulan. Nah goal wallet akan memberikan notifikasi berapa jumlah uang yang harus ditabung setiap bulannya.

Bahas juga deh tentang Linked Wallet biar ga penasaran. Tipe wallet yang satu ini cukup spesial karena bisa dihubungkan dengan rekening bank kamu. Mutasi bank kamu bisa sync dengan mutasi pada aplikasi Money Lover sehingga tidak perlu input manual. Worth to try.

Kedua, aplikasi Money Lover memiliki versi gratis dan berbayar. Versi gratis memiliki keterbatasan dalam hal jumlah dan jenis wallet yang bisa kamu miliki. Pengguna Money Lover gratis hanya dapat memiliki 2 wallet, 1 cash dan 1 basic wallet. Selain itu, aplikasi versi gratis juga tidak menyediakan fitur – fitur yang lumayan bermanfaat seperti ekspor wallet ke format excel atau CSV. Oiya satu lagi yang penting, yang gratis banyak iklannya.

Fitur – Fitur Aplikasi Money Lover

Recurring Transactions

Punya transaksi rutin? Bayar listrik, air, kosan, atau mungkin bayar cicilan kalau ada. Kamu bisa coba fitur ini daripada harus buat transaksi yang sama berulang – ulang setiap bulannya.

Debt / Loan

Utang itu wajib dibayar dan wajib ditagih. Jangan ga enakan kalau masalah utang ya, mentang – mentang yang pinjem keluarga atau pasangan terus jadi ga enak nagihnya. Lebih parah lagi kalau sampai nominal utang – piutangnya dan ke siapanya lupa. Fitur yang satu ini cukup straight forward ya, ga perlu dijelasin lebih detail karena emang udah jelas. Melalui fitur ini, kamu bisa mencatat jumlah utang – piutang dan peminjam atau pengutangnya.

Travel Mode

Pernah liburan / sort escape trus tau – tau duit abis banyak tapi lupa kepake buat apa aja? Awalnya sih nyatet tapi karena keluarnya dari dompet yang beda – beda jadi pusing rekapnya. Ada yang debit, ada yang cash, ada yang gopay, dan lain – lain. Money Lover come to rescue. Ini fitur berguna banget buat track expense pas lagi liburan atau ada event tertentu.

aplikasi money lover travel mode

Sharing Wallet

sharing

Ini fitur baru tapi asik banget, sempet ga sadar kalau ada fitur super useful ini. Fitur sharing wallet cocok banget buat pasangan yang punya budget bersama jadi bisa sama-sama tahu saldo dan transaksi, bisa gantian nambahin kalau bikin transaksi dengan dompet terkait.

Cara setup-nya gampang banget kok. Tinggal klik icon orang “+” di kanan atas aplikasi Money Lover, masukkan email orang yang mau diajak sharing, udah deh. Inget yaa, email orang yang diajak harus terdaftar di aplikasi juga.

Setelah diundang, orang yang bersangkutan akan mendapat notifikasi di email dan di aplikasinya. Suruh orang tersebut buat terima undangan dan melakukan proses sync. Proses ini butuh waktu beberapa saat hingga semua transaksi wallet diunduh.

Selamat mencoba!.

Trends

trends

Fitur favorit. Serius, ini fitur super penting. Fitur ini akan menunjukkan bagaimana trend keuangan kamu. Apakah pengeluaran kamu selalu naik tiap bulan? Apakah ada bulan – bulan tertentu yang memiliki pengeluaran lebih dari biasanya? Dan lain sebagainya.

Fitur ini memiliki 3 pilihan tampilan, yaitu pemasukan, pengeluaran, dan net income. Pengeluaran ditunjukkan dengan warna merah, dan pemasukkan ditunjukkan dengan warna hijau. Dari sini, kamu bisa menilai lifestyle kamu. Misal pemasukan naik terus, eh tapi pengeluaran naik juga. Atau mungkin lebih parah, pemasukan ga naik – naik nih, tapi pengeluaran naik mulu. Bocor dimana ya?

Oiya, fitur ini baru bisa berguna saat kamu sudah rutin melakukan pencatatan keuangan dalam beberapa bulan terakhir ya. Makanya jangan malas mencatat. Mencatat cashflow bulanan adalah tahap awal menuju merdeka finansial. Inget kan?

Selamat memulai perjalanan menuju merdeka finansial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × one =

Pin It on Pinterest

Sharing is Awesome!

Like the Post? Share it with your friend or family (☞゚ヮ゚)☞ ☜(゚ヮ゚☜)